Skip to content

UAS CI

December 6, 2011

Pada UAS kali ini, kelompok kami hendak membahas mengenai bisnis digital yang gagal : Digital Beat Store. Toko ini merupakan sebuah sarana distribusi musik secara digital. Tiap lagu yang ditawarkan hanya dihargai sebesar 5.000 – 10.000 rupiah, tergantung dari lagu luar atau dalam Indonesia. Pada awalnya toko yang bernuansa digital ini berdiri di samping studio Blitz Megaplex, Parisj Van Java Mall, Bandung. Dengan perangkat layar sentuh interaktif, toko ini menawarkan keleluasan untuk browsing data-data lagu. Setelah itu pelanggan hanya tinggal memasukan lagu-lagu yang diinginkan (setelah mendengarkan preview lagunya) ke keranjang belanja, lalu pilih media transfer data, maka dalam hitungan menit belanjaan pelanggan sudah siap.

Dari berbagai proses di atas, berikut adalah pendekatan model bisnis yang coba kami telaah dari Digital Beat Store.

Model bisnis di atas terbukti gagal karena memang tak terpenuhinya blok-blok penting dari pendekatan model bisnis, terutama di bagian Key Sources. Namun, apabila model bisnis di atas terpenuhi blok-bloknya, terdapat berbagai ide-ide inovasi yang mampu dikembangkan berdasarkan pendekatan SCAMPER (innovation mix, dapat dipakai hanya sebagian saja), misalnya,

  • Substitute : mengganti ornamen digital pada servicescape toko dengan nuansa yang lebih cozy dan homy.
  • Combination : menggabungkan konsep kafe pada Digital Beat Store, juga konsep webstore
  • Adapt : menambah ranah pembelanjaan ke arah buku dan film.
  • Magnify : memperkuat kurasi konten
  • Put To Other : menjadikan DBS sebuah lifestyle brand
  • Eliminate : menghapuskan sistem toko yang embeded pada toko lain (pada kasus ini Blitz Megaplex)
  • Rearrange : menata ulang ruang dan juga sistem pendataan dengan metode sortir yang lebih mutakhir, misalnya bisa mendeteksi preferensi personal pelanggan, seperti Genius Playlist (iTunes)

Mungkin sekian yang bisa kami coba tawarkan sebagai bentuk inovasi dari Digital Beat Store.

Advertisements

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: